Home / Frequently asked questions

SMK Tridaya Pratama adalah Sekolah Menengah Kejuruan di bawah naungan Yayasan Kayan Makmur. SMK Tridaya Pratama berdiri pada tahun 2015 di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara berdasarkan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan Nomor: 421.5/3479/DISDIK.III/2015 Tentang Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tridaya Pratama di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan. SMK Tridaya Pratama berada di wilayah Desa Binai Kecamatan Tanjung Palas Timur yang terletak di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara dengan luas lahan 30 ha.

Saat ini SMK Tridaya Pratama memiliki 1 paket keahlian dengan kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan dengan visi menjadi tempat pendidikan, latihan dan produksi serta informasi tentang Agribisnis Tanaman Perkebunan.

Pendidikan dengan sistem link and mach menjadi sistem yang dikembangkan di SMK Tridaya Pratama dengan memadukan konsep teoritis di sekolah dan aplikatif di lapangan bekerja sama dengan PT. Kayan Makmur Sejahtera. Sistem ini diharapkan akan mencetak lulusan yang kompeten dan siap pakai setelah lulus untuk selanjutnya menjalani ikatan dinas dengan Kayan Patria Pratama.

SMK Tridaya Pratama berada di wilayah Desa Binai Kecamatan Tanjung Palas Timur yang terletak di Kabupaten Bulungan dengan luas lahan 30 ha, memiliki dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal baik internal maupun eksternal dengan Program Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan. SMK Tridaya Pratama memiliki potensi wilayah yang sangat strategis ditengah area perkebunan karet milik perusahaan, yang merupakan perkebunan karet terbesar di Kalimantan Utara. Beberapa fasilitas yang tersedia di SMK Tridaya Pratama antara lain: Gedung Sport Hall, Gedung Perpustakaan, Ruang Kelas dengan LCD Proyektor, Laboratorium Komputer dengan koneksi Internet, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Produktif Perkebunan, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, Laboratorium S.O.S, Central Lab, Ruang Kesenian, Asrama siswa yang terdiri dari Asrama Putra dan Asrama Putri, Fasilitas Ibadah, Catering Bumi Segah dan Lahan Praktik Perkebunan & Nursery serta kebun produksi holtikultura seluas >20 ha.